Batman Bisa Kalahkan Superman dan Seluruh Justice League



Judul          : Justice League : Doom
Sutradara   : Lauren Montgomery
Durasi        : 77 menit
Rilis           : February 28, 2012
Genre         : Superhero
Umumnya film superhero menyuguhkan aksi pahlawan super melawan penjahat. Spiderman vs green goblin, Batman vs Joker, Thor vs Loki. Saat hal tersebut terjadi, yakinlah kebanyakan orang akan mendukung sang superhero. Tidak akan banyak orang yang berharap sang penjahat yang menang di akhir dan berhasil menguasai dunia. 

Namun, beda lagi jika yang dipertemukan dengan embel-embel “vs” adalah dua orang superhero. Apalagi jika yang dipertemukan adalah dua superhero yang memiliki serialnya sendiri. DC pun tak mau kalah, akan mempertemukan dua superhero nya dalam dalam Superman V Batman yang konon akan tayang tahun 2016 mendatang. Otomatis berbagai argumen muncul tentang siapa yang lebih unggul dari dua superhero tersebut.

Apa bisa Batman yang tidak memiliki kekuatan super mengalahkan Superman dengan segudang kekuatan supernya? Saya rasa jawaban dari pertanyaan itu bisa ditemukan dalam film animasi “Justice League : Legion of Doom”
Superman dan seluruh Justice League bukan tandingan bagi Batman
Justice League : Doom diawali dengan adegan Justice League (saat itu dengan anggota Batman, Superman, Wonderwoman, Green Lantern, The Flass, dan Martian Manhunter) menghentikan the Royal Flush Gang mencuri berlian dengan menggukan suatu teknologi. Setelah pencurian tersebut berhasil digagalkan The Justice League saling membagi tugas untuk meneliti peralata yang digunakan oleh The Royal Flush Gang. Batman yang saat itu dalam keadaan terluka kembali ke bat cave dengan menggunakan bat car. Tanpa ia sadari Miror master menyusup ke bat car dan berhasil menghack bat computer dalam bat cave.

Dari sanalah masalah sebenarnya dimulai. Batman ternyata sudah memiliki rencana pencegahan untuk menghentikan setiap anggota Justice League. Batman tahu kelemahan dari setiap anggota Justice League dan sudah memiliki cara untuk mengalahkannya. Tentu saja sudah termasuk sang manusia super, Superman. 

Legion of Doom kelompok penjahat musuh superhero (saat itu terdiri dari Cheetah, Star Sapphire, Bane, Metallo, Mirror Master, dan Ma’alefa’ak) memanfaatkan rencana yang dimiliki batman tersebut. Miror Master mencuri rencana milik Batman dengan dengan menghack bat  computer seperti yang sudah saya jelaskan tadi. 

Alhasil, ada super hero the Justice League berhasil dipojokkanoleh anggota Legion of Doom. Legion of Doom menang. Batman sendiri karena identitasnya sebagai Bruce Wayne terbongkar berhasil dikalahkan Bane didepan kuburan orang tuanya sendiri. Dengan itu, Legion of Doom bisa bebas melaksanakan rencana besarnya yang bisa membunuh hingga setengah manusia di bumi tanpa gangguan dari the Justice League.  

Namun, Bruce berhasil selamat meski sempat dikubur hidup-hidup oleh Bane. Dialog antara Alferd (pelayan Bruce) dengan Bruce saat ia menyadari kalau the Justice League diserang menggunakan rencara yang dia susun.
Bruce : “... Justice League sedang diserang.”
Alferd : “Oleh siapa?”
Bruce : “Olehku!!”
Batman (Bruce Wayne) menghubungi para Justice League dan memberi intruksi untuk mengatasi masalah yang dihadapi para anggota Justice League. Justice League berhasil dipulihkan. Dengan kembalinya Justice League rencana besar milik Legion of Doom berhasil dihentikan. 

Namun, dampak dari hal tersebut adalah kepercayaan dalam Justice Legue berkurang karena menganggap Batman tidak percaya pada rekan timnya dengan membuat rencana yang bisa membahayakan anggota Justice Legue. Meski begitu, Batman bersikeras bahwa rencanya adalah untuk mengendalikan anggota Justice League jika mereka hilang kendali karena bagaimanapun anggota Justice League adalah makhluk terkuat di bumi. Dalam watchtower (markas Justice League) Superman awalnya akan melakukan voting apakah Batman akan tetap di Justice League atau tidak. Akan tetapi, sebelum voting dilakukan Batman bersiap meninggalkan Justice League. Namun, sebelum Batman pergi, Superman memberikan peluru Kryptonite (yang digunakan Metallo mengalahkan Superman) pada Batman sebagai bentuk kepercayaanya pada Batman.

Film ini disajikan dengan sangat baik dengan menggunakan gaya khas animasi DC. Konflik internal Justice League dan konflik eksternalnya dengan Legion of  Doom digambarkan dengan sangat baik.
 Bagi saya, film ini membuktikan tidak selamanya kekuatan super bisa membuat kita tak terkalahkan. Kecerdasan bisa menjadi senjata yang sangat berbahaya. Bahkan Batman, satu-satunya manusia biasa tanpa kekuatan super bisa membuat rencana untuk mengalahkan anggota Justice League dengan berbagai kekuatan super. Bukan hanya Superman, Semua Justice League dibuat tak berdaya dihadapan rencana hasil kecerdasan Bruce Wayne (Batman).
*Foto : Amazon.com 
Previous
Next Post »