Apa Itu Cinta? : Melihat Arti Cinta Dari Berbagai Sudut Pandang

“Apa itu cinta?” tanya Mashiro pada Sorata dalam anime “Sakurasou Pet Na Kanojou”. Mengingat pertanyaan tersebut sepertinya sangat menarik untuk membahas masalah cinta. Terutama bagi para pemuda tentu “cinta” menjadi hal yang cukup menarik. Jadi, disini saya akan mencoba memaparkan cinta dari berbagai sudut pandang.
Cinta...
Mendengar kata “cinta” langsung ada dua persepsi yang hinggap dikepala saya. Pertama cinta dalam arti yang luas dan benar-benar luas. Dalam pandangan ini cinta bisa berarti kepada banyak hal. Cinta bisa berarti kasih kita kepada semua yang kita kasihi Tuhan, keluarga, sahabat, guru, harta dan semua yang kita kasihi. Pandangan saya yang kedua adalah cinta pada lawan jenis, yah bisa dibilang kekasih, pacar, suami/istri, pokoknya yang begitu-begitu lah (tak perlu dilanjutkan yang ini menyakitkan bagi jones seperti saya).
Yah begitulah pandangan pribadi saya pada “Apa itu cinta?” dan tentu saja tidak seru hanya membaca pandangan pribadi Jidin-kun (yang seorang jones) tentang cinta. Jadi saya akan mencoba mengajak pembaca sekalian berpetualang mencari jawaban dari pertanyaan “Apa itu cinta?” hingga lintas negara, dunia, planet, atau dimensi sekalipun.
***
Pemberhentian pertama kita kedalam dunia dua dimensi anime “Sakurasou Pet Na Kanojou”. Pada akhir episode dua belas anime tersebut terdapat adegan dimana Rita, seorang pelukis akan kembali ke Ingris tempat ia tinggal. Dalam adegan perpisahan tersebut seperti biasa Rita mengganggu Ryuunosuke. Rita berkata “cuek sekali, apa kau tau arti cinta?”
Ryuunosuke menjawab, “Cinta hanyalah sebuah kesalahan dari sirkuit saraf manusia. Kau bisa buang emosi yang tidak berguna itu ke tempat sampah disana.”
Yah, mungkin bagi seorang prongramer yang bisa dibilang anti sosial seperti dia jawaban tersebut cukup bagus. Mungkin. Akan tetapi sepertinya akan cukup banyak yang setuju kalau  sebuah kesalahan dari sirkuit saraf manusia. Bayangkan saja terkadang orang bisa melakukan hal gila mengatasnamakan cinta. Ada yang bunuh diri, bunuh teman, bunuh orang sampai bunuh ayam dengan mengatasnamakan cinta.
Jika menengok ke film Koizora (langit cinta). Mungkin bisa kita ambil kesimpulan bahwa cinta itu adalah saat kita menerima semua kekurangan orang yang kita cintai. Penyakit, cacat atau apapun itu tidak mengurangi rasa sayang pada seseorang. Pada saat itulah disebut cinta. Jika kita lihat betapa Mika tokoh utama wanita tetap menemani Hiro tokoh utama laki-laki yang terkena penyakit kangker dan umurnya dikatakan tidak lama lagi.
Kembali ke dunia dua dimensi, kali ini anime “Shigatsu wa Kimi no Uso”.-Anime ini merupakan salah satu anime romance favorit saya.- Jika memandang cinta dari anime yang tanyang sebanyak 22 episode ini mungkin cinta bisa kita artikan saat hadirnya seseorang bisa membuat kita lebih bahagia. Kita bisa melihat dunia dengan lebih indah, lebih berwarna. Seperti dialog Tsubaki pada episode pertama, : “Miwa mengatakannya tadi : ‘jika kau sedang jatuh cinta pada seseorang, semuanya terlihat lebih berwarna.’”
Anime tentang kisah cinta seorang pianis dan pemain biola ini menggambarkan bahwa cinta adalah hal yang bisa merubah seseorang. Bisa mengembalikan semangat hidup dan menyembuhkan trauma masa lalu. Cinta bisa memberikan berbagai warna mulai dari warna kebahagiaan sampai warna kesedihan.
Beralih ke anime lainnya. Kali ini dari anime berjudul “Bakuman”. Anime ini menceritakan perjuangan cinta antara seorang mangaka, Mashiro dan seorang pengisi suara, Azuki.
“...baru-baru ini, ada buku yang kubaca berkata, Kejadian terhebat dalam hidup, alasan yang terpenting untuk sukses adalah untuk mencintai. Cukup omong kosongnya. Sesuatu seperti itu hanya akan ditulis oleh perempuan. Untuk seseorang sepertiku yang tidak dapat berbicara dengan perempuan yang kusukai cinta hanya memberi penyiksaan.” Monolog Mashiro pada awal serial ini.
Dalam pandangan anime ini cinta merupakan alasan terpenting untuk sukses. Mungkin awalnya Mashiro mengatakan bahwa ini hanya omong kosong belaka. Akan tetapi saya rasa pemikirannya itu berubah setelah ia dan Azuki membuat janji untuk menikah jika impian mereka (mashiro menulis komik dan diadaptasi menjadi anime dan Azuki menjadi pengisi suara pada anime itu) dan tidak akan bertemu sampai itu terwujud. Itu berarti mereka tidak akan bertemu sampai mereka sukses. Saya rasa mungkin cukup banyak orang yang merasakan hal senada bahwa cinta merupakan alasan terpenting untuk sukses. Saya sendiri merasa seperti itu.
Setelah ngawur nglindur ke dunia entah berantah, sekarang sekarang coba kita cari “apa itu cinta?” dalam pandangan salah satu agama yaitu Islam. Dalam dyarputric.blogspot.com dikemukakan bahwa Dalam Islam, kasih sayang (cinta) merupakan identitas, asas iman. Hal itu merupakan bukti pengaruh agama terhadap hati nurani, seperti halnya ia juga merupakan kesaksian jiwa manusia yang menurut term (istilah) Islam belum akan diakui beragama bila ia tidak memiliki perasaan kasih sayang.
Allah berfirman: Katakanlah: “Jika bapa-bapa (para pembesar dan nenek moyang), anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan (azab/siksaan)-Nya, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.( Al-Qur’an Surat At-Taubat, 9: 24)
Membahas tentang cinta ini tentu bisa lebih panjang lagi. Tapi sampai sini dulu petualangan kita mencari jawaban “Apa itu cinta?” Jadi, menurut anda apa itu cinta? Silahkan isi pendapat anda dalam kolom komentar jika anda ingin ikut berpendapat...
Previous
Next Post »